work hard & thinking!

Seklumit Informasi Tentang GAMMU

Gammu adalah sebuah project yang membuat sebuah aplikasi, script dan driver yang dapat mengatur beberapa fungsi yang ada pada telepon selular atau alat sejenis. Gammu sendiri bekerja didalam command line atau sebagai daemon (service).

Kelebihan dari Gammu ini adalah merupakan software opensource yang tersedia dalam bentuk source code atau binary nya, so.. Anda tidak usah khawatir tentang lisensinya. Selain itu Gammu juga tersedia untuk OS WIndows maupun Linux.

Dengan menggunakan Gammu kita bisa membuat sebuah simulasi mengirim dan menerima SMS melalui modem GSM dan sebuah komputer/laptop. Pada tutorial ini akan membahas mengenai mulai pengenalan Gammu, setting Gammu, hingga mengirim SMS.
Perangkat yang harus dipersiapkan

Untuk memulai menggunakan Gammu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu:
1. Sebuah Komputer/Notebook
2. Sebuah Modem GSM (bisa tipe USB atau serial) atau Handphone beserta kabel datanya
3. software Gammu

note: untuk modem GSM atau Handphone harus sudah disupport oleh Gammu, untuk mengeceknya silahkan melalui database phone Gammu

INSTALASI GAMMU
– untuk setting gammu, agan perlu download kode sumber gammu, untuk lokasi downloadnya bisa browsing di google.
– setelah gammu di instal, hal yang perlu diperhatikan adalah file smsdrc dan gammurc yang ada di folder gammu yang udah diinstal.
– gammurc >> untuk setingan koneksi handphone atau modem ke komputer.
– smsdrc >> untuk setingan ke databasenya
– yang perlu diperhatiin adalah port dan jenis connection nya. kalo di file smsdrc, perlu database nya. tujuan mesti sama seperti nama database yang dimaksud.

SETTING GAMMU PADA WINDOWS
Langkah Pertama (Download File)
Silakan mendownload Gammu nya terlebih dahulu di http://www.4shared.com/file/LOCzfDhn/gammu-setup.html
Keterangan: file tersebut berupa installer yang sudah saya modifikasi dan disederhanakan untuk kemudahan proses instalasi. Gammu yang saya gunakan tersebut adalah versi 1.25.

Langkah Kedua (Install Gammu)
Secara default setelah file setup di atas diinstal, file gammu terletak di direktori C:\GAMMU.

Langkah Ketiga (Setting Konfigurasi Gammu)
Setelah file Gammu diinstall, langkah berikutnya adalah setting konfigurasi. Setting ini diperlukan guna keperluan penyesuaian jenis HP dan nomor port yang akan digunakan. Bagaimana cara settingnya? Caranya adalah silakan edit file ‘GAMMURC‘ yang ada di dalam direktori ‘C:\gammu‘. Editlah file GAMMURC tersebut menggunakan Notepad atau sejenisnya.

Trus.. bagian mana yang perlu diubah konfigurasinya? OK.. bagian yang perlu diubah adalah pada

1.[gammu]
2.port =
3.connection =

parameter port itu nanti diisi dengan nomor port sesuai lokasi colokan HP Anda. Untuk mengetahui nomor port dimana Anda colokkan HP Anda di komputer, silakan masuk ke Control Panel – Phone and Modem Options – Modem. Nah… bila HP Anda sudah tercolok di PC dan drivernya sudah terinstal dengan baik maka pastinya pada bagian tersebut akan muncul nomor portnya.


Penting !!

Jika pada Control Panel – Phone and Modem Options – Modem tidak muncul portnya, meskipun driver sudah terinstal, maka Anda masih dapat melihat portnya melalui Control Panel – System – Hardware – Device Manager – Ports (COM & LPT). Seandainya nomor port muncul baik di Control Panel – Phone and Modem Options – Modem maupun Control Panel – System – Hardware – Device Manager – Ports (COM & LPT) dan ternyata nomor portnya berbeda, maka pilih nomor port yang di Control Panel – Phone and Modem Options – Modem.


Tips: sebaiknya setiap kali HP Anda dicolokkan ke PC, gunakan lokasi port USB yang sama alias jangan pindah-pindah colokan, karena setiap ganti colokan maka nomor portnya akan berubah-ubah. Akibatnya Anda musti ubah setting GAMMURC nya berkali-kali pula karena harus menyesuaikan nomor portnya.

Kembali pada konfigurasi GAMMURC di atas, parameter connection itu digunakan untuk memberi keterangan jenis koneksi yang digunakan HP untuk berkomunikasi dengan PCnya. Setiap jenis HP memiliki jenis koneksi yang berbeda-beda. Untuk mengetahui jenis koneksi pada jenis HP tertentu, silakan download file di sini. File tersebut adalah hasil kompilasi yang saya lakukan pada jenis-jenis HP yang mendukung SMS Gateway dengan Gammu.

Berikut ini contoh konfigurasi GAMMURC bila saya menggunakan modem Wavecom M1206B yang terhubung ke port com5 USB.

1.[gammu]
2.port = com5:
3.connection = at115200

(Penting: jangan lupa tanda : di belakang port)

Bila Anda gunakan lebih dari satu HP yang tercolok ke PC, maka Anda bisa menambah atau mengubah konfigurasinya pada bagian

01.[gammu1]
02..
03..
04.
05.[gammu2]
06..
07..
08.
09.dst..

Langkah Keempat (Uji Koneksi)

Langkah terakhir untuk proses setting GAMMU ini adalah melakukan uji koneksi antara Gammu dengan HP/modem Anda. Langkah ini dilakukan setelah proses setting konfigurasi dilakukan. Caranya adalah dengan masuk folder ‘C:\gammu‘ pada direktori Gammu Anda via DOS PROMPT. Lalu ketikkan perintah ini pada command promptnya.

1.gammu identify

Apabila setelah perintah tersebut dienter lalu muncul informasi mengenai HP Anda, maka koneksi antara Gammu dengan HP Anda sukses. Bila responnya tidak seperti yang diharapkan, maka cek kembali nomor portnya atau jenis connectionnya. Berikut ini contoh tampilan yang keluar apabila proses setting berhasil dilakukan

Setting Gammu

Langkah Kelima (Membuat Database MySQL untuk Gammu)

Langkah ini bertujuan untuk menyiapkan database MySQL untuk menampung data-data SMS yang diperlukan Gammu untuk SMS Gateway. Sebenarnya tidak hanya MySQL yang bisa digunakan, namun bisa juga SQL Lite atau Posgre SQL. Namun… dalam artikel ini hanya untuk MySQL saja deh, karena saya tidak familiar dengan yang lainnya.

Caranya adalah buat database dengan nama ‘sms‘ atau yang lain (terserah) menggunakan phpMyAdmin Anda.

Lalu buatlah tabel-tabel yang diperlukan oleh Gammu. Waduh.. tabelnya apa aja ya? Don’t worry karena Gammu sudah menyiapkan file dumpnya untuk create tabel. Letak file dumpnya ada di folder ‘C:\gammu\mysql-tabel.sql‘. Nah.. silakan gunakan file dump tersebut untuk membuat tabel-tabelnya menggunakan phpMyAdmin.

Pada Gammu sebenarnya SMS tidak hanya bisa disimpan dalam database, namun juga bisa sebagai file teks yang disimpan di PC Anda. Namun untuk keperluan SMS gateway sepertinya lebih enak menggunakan database sebagai storagenya.

Langkah Keenam (Setting Konfigurasi Untuk SMS Daemon)

Langkah ini dilakukan setelah setting database untuk Gammu. SMS daemon pada Gammu digunakan untuk proses pembacaan otomatis SMS yang diterima lalu disimpan ke database. SMS daemon juga diperlukan untuk keperluan pengiriman SMS.

Untuk melakukan setting SMS daemon, bukalah file ‘SMSDRC‘ yang terletak di direktori ‘C:\gammu‘. Bukalah dengan Notepad atau sejenisnya. Bagian yang diubah adalah:

port = diisi nomor port sesuai yang ada di file GAMMURC
connection = diisi jenis connection sesuai yang ada di GAMMURC
service = mysql (diisi dengan ‘mysql’ karena kita akan menggunakan mysql sebagai storage data SMSnya)
user = diisi user database koneksi ke mysql Anda
password = diisi password koneksi ke mysql Anda
pc = diisi nama host mysql (biasanya localhost)
database = sms (atau sesuai nama database yang tadi kita buat)

Contoh konfigurasi yang ditulis

1.port = com5:
2.connection = at115200
3.service = mysql
4.user = root
5.password = passwordroot
6.pc = localhost
7.database = sms

Catatan: hilangkan tanda # di depan parameter-parameter di atas bila ada.

Langkah Ketujuh (Membuat Gammu Service)

Langkah ini bertujuan untuk membuat service Gammu di Windows. Dengan dibuatnya service di Windows ini kita bisa lebih mudah menjalankannya tanpa menggunakan perintah tertentu di command prompt.

Untuk membuat Gammu service di Windows, ketikkan perintah ini di DOS PROMPT setelah Anda masuk ke folder ‘C:\gammu‘.

1.gammu-smsd -c smsdrc -i

Nah.. bila ada konfirmasi bahwa proses pembuatan service sukses, maka Anda akan melihat service Gammu muncul pada daftar service yang berjalan di Windows. Service ini bisa dilihat melalui ‘CONTROL PANEL > Administrative Tools > Services’. Nah.. untuk menjalankan service Gammu ini tinggal klik START pada service Gammu tersebut.

Namun bila proses pembuatan service ini gagal, maka silakan cek kembali konfigurasi SMSDRC nya atau mungkin nama databasenya salah, atau bisa juga command yang dituliskan salah.

OK demikian cara setting konfigurasi Gammu di Windows. Untuk artikel selanjutnya akan dibahas teknik dasar mengirim dan menerima SMS dengan Gammu. Teknik ini akan menjadi dasar SMS Gateway yang akan dibuat. So.. stay tune terus di blog ini ya :-)

Penting !!

Jika Anda ingin mengubah konfigurasi di SMSDRC, namun service GAMMU sudah terlanjur dibuat sebelumnya, maka Anda harus menghapus dahulu service yang sudah dibuat dengan memberikan perintah

1.gammu-smsd -u

Selanjutnya ubah konfigurasi SMSDRC, simpan dan buat servicenya kembali dengan perintah

1.gammu-smsd -c smsdrc -i

Jika Anda tidak hapus servicenya dahulu, maka meskipun Anda ubah konfigurasi di SMSDRC tidak akan memberikan pengaruh apa-apa.

Masih kesulitan dengan instalasi Gammu? kini telah tersedia Free Easy Gammu Installer yang Insya Allah akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan instalasi Gammu.

 

Referensi:
– http://cwicaksono.wordpress.com/2010/09/28/pengenalan-dasar-gammu/
– http://www.kaskus.co.id
– http://blog.rosihanari.net

September 6, 2013 | Tags: ,
Bookmark and Share