work hard & thinking!

Beberapa opensource cms terbaik untuk membuat website

Saat ini membuat sebuah website yang bagus dan murah bahkan gratis terasa lebih mudah dari sebelumnya karena adanya OPENSOURCE CMS (Content Management System).

Lalu apa sih OPEN SOURCE itu? Open Source adalah kode, maksudnya adalah kode-kode pemrograman. Suatu program dengan lisensi Open Source berarti program tersebut membuka kode programnya bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya, menggantinya, memodifikasi. Caranya dengan menyertakan kode program bersama dengan distribusi paket program yang sudah jadi (hasil kompilasi). Dengan penyertaan kode program tersebut, pembeli atau pengguna program dapat “membedah” program tersebut, melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhannya, bahkan memperbaiki “Bug” atau kesalahan logika dalam program tersebut.

Sementara CMS adalah Sistem manajemen konten. CMS merupakan sebuah software berbasis web yang digunakan untuk mengelola konten/isi yang terdapat dalam sebuah web seperti untuk meng-upload, mengedit, dan melakukan manajemen konten untuk ditampilkan pada sebuah web.

Sebuah CMS dapat melakukan berbagai tugas yang berbeda untuk sebuah web diantaranya mengatur kapan konten akan ditampilkan, berapa kali konten ditampilkan untuk pengguna tertentu, dan mengatur bagaimana konten menghubungkan atau berinteraksi dengan elemen lain dari website tersebut. Software ini juga memudahkan orang awam untuk mengelola konten pada sebuah website dengan mudah tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.

Keuntungan menggunakan CMS adalah menjaga website terorganisasi dengan baik dan komprehensif, mengurangi biaya pemeliharaan website tersebut, dan meningkatkan keamanan data.

Ada beberapa CMS opensource yang populer yang bisa anda download dan gunakan secara gratis. Anda bisa memilih salah satu untuk membuat website sesuai dengan kebutuhan :

WordPress
WordPress adalah aplikasi CMS untuk blog yang paling populer. Karena popularitasnya dan memiliki komunitas yang sangat besar, pengembangan CMS ini sangat pesat. Dan saat ini Anda dapat menggunakan WordPress untuk mengelola konten website yang kompleks.

Joomla!
joomla cmsJoomla! adalah salah satu aplikasi CMS terbaik dan paling banyak digunakan saat ini. Sangat cocok untuk membuat website perusahaan atau intranet, majalah online, web portal berbasis komunitas dan forum, dan banyak lagi. Joomla! memiliki banyak fitur serta banyak pilihan modul dan komponen tambahan yang akan meningkatkan kualitas website Anda dan akan meningkatkan kepuasan pengunjung website.

Drupal
drupal cmsDengan Drupal Anda dapat dengan mudah membangun berbagai jenis halaman website – dari membuat blog sederhana sampai forum online dengan komunitas yang besar. Desain Drupal memang tidak sebagus Joomla!, tapi sangat mudah untuk di-customize. Drupal memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti untuk search tool dan search-engine friendly URL, dan agregator berita.

SilverStripe
Silverstripe memiliki sebuah MVC development framework yang disebut dengan Sapphire. Sapphire ditulis dengan menggunakan bahasa PHP versi 5, dengan MVC ini setiap developer website dapat dengan mudah pula memodifikasi fungsionalitas dari web yang akan dibuat, termasuk dengan halaman CMS-nya. Selain itu silverstripe juga menyediakan kontrol secara penuh terhadap pembuatan halaman HTML, desain basis data, form, dll. Dengan adanya kontrol ini developer dengan dapat terhindar dari kesalahan-kesalahan pengetikan sintaks html, pembuatan basis data, form, dll.

Typo3
typo3 cmsTYPO3 cocok untuk website perusahaan dan intranet. Ada instalasi dasar TYPO3 yang fleksibel yang dapat dikembangkan melalui modul dan interface tambahan siap pakai. Desain TYPO3 adalah berbasis template dan Anda dapat membuat template sendiri menggunakan bahasa konfigurasi TypoScript.

MODx
modx cmsMODx adalah CMS dan aplikasi web PHP framework. MODx menekankan pada Web standar, yang memungkinkan Anda untuk membangun XHTML dengan mudah dan cepat. Datang dengan adanya fasilitas CSS menu builder. CMS ini cocok untuk pengguna yang belum memiliki pengalaman. MODx datang dengan antarmuka pengguna grafis installer sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan installasi dan konfigurasi pada webserver.

Bagaimana dengan anda
Lalu CMS mana yang anda pilih dan gunakan? Saya yakin saya dan kamu salah satunya sangat senang menggunakan WordPress, tetapi pernahkah anda mencoba salah satu dari daftar CMS di atas? CMS yang mana? Mana yang menurutmu yang lebih baik? Mari kita diskusikan pada bagian komentar di bawah

Bookmark and Share