work hard & thinking!

Bahasa pemrograman apa yang seharusnya kita pelajari?

Ada beberapa bahasa pemrograman yang mungkin kita ketahui atau kita pelajari.

Enterprise Software Development – Java umumnya digunakan pada bagian ini dikarenakan kemudahannya dikombinasikan antara dekstop dan internet.

Windows Development – C# biasanya digunakan untuk pembuatan software yang berbasis Windows, termasuk semua interface yang terdapat dalam Microsoft Office Suite.

Rapid web prototyping and anything WordPress – PHP sangat baik untuk pembuatan prototype seperti apa jadinya website. Bahasa pemrograman ini mungkin bukan solusi jangka panjang yang baik karena ada pilihan yang lebih baik untuk pembangunan skala besar. Bahasa ini juga bahasa utama yang berhubungan dengan WordPress.

Prototype Web dengan backbone – Python telah dengan cepat memperoleh “langkah selanjutnya” setelah PHP. Banyak aplikasi website saat ini menggunakan secara extensif. Penggunaan akan terus berlanjut seiring dengan banyaknya service yang mensupport Phyton seperti Google’s AppEngine.

General Web Development – (X)HTML, CSS dan Javascript seharusnya berada pada toolbox untuk berbagai pengembangan website saat ini. Jika anda ingin tetap mencoba persyaratan standar maka anda harus melihat standar XHTML.

Data Integration – XML dan JSON merupakan format pertukaran data utama pada web dan pada pengembangan web corporate. Dengan XML, terdapat format syndicasi (seperti judul topik pada pada posting lain link) dan format standar bisnis lain yang dapat ditinjau.

Database – SQL sangat penting untuk hampir semua aplikasi. ika Anda belajar SQL standar, maka Anda dapat menerjemahkan SQL untuk hampir semua produk database di pasaran khususnya mesin yang populer seperti Microsoft SQLServer, Oracle, DB2, MySQL.

Toolbox – Seorang programer seharusnya menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman. Selain itu, ada banyak script yang dapat anda gunakan sebagai bagian dari toolbox yang dapat menjadikan anda lebih produktif.Cygwin adalah shell Unix yang dapat anda instal pada Windows, banyak programmer tergantung pada tools tersebut. Scripting Unix sangat mantap ketika berhubungan dengan proses batch file atau meski hanya berinteraksi dengan file system. Perl, kepanjangan dari Pathetically Eclectic Rubbish Lister, adalah bahasa lainnya yang dapat digunakan untuk pengembangan web, dan amat sangat mantap ketika berhubungan dengan file dan memproses teks.

Tidak semua bahasa pemrograman dibahas di sini, tetapi merupakan suatu langkah awal. Dalam pengembangan software, adalah sangat membantu untuk terus belajar hal-hal dan kosep baru. Jika anda benar-benar ingin meregangkan pikiran pemrograman anda, mulailah dengan Artificial Intelligence dan programming di LISP, atau lakukan pengenalan terhadap logic programming. Dan jika Anda merasa benar-benar merasa sebagai seorang petualang pelajari Standard ML. Saya tidak yakin apakah bahasa itu benar-benar bermanfaat, tetapi itu merupakan bahasa yang sama sekali berbeda dari yang lain.

August 4, 2009 | Tags: , , ,
Bookmark and Share