work hard & thinking!

Open Source

Istilah free software muncul pada tahun 1983 dipublikasikan secara resmi dalam sebuah bulletin di tahun 1986. Free software pertama kali digagas oleh Richard Stallman, seorang programmer, hacker dan aktifis fsf. Istilah free software digunakan untuk menjelaskan aplikasi yang bebas digunakan, dimodifikasi dan didistribusikan lagi ke pihak lain tanpa ada batasan. Free disini lebih ditekankan sebagai freedom, dan bukan gratis.

Sedangkan istilah open source muncul pada tahun 1998, digagas oleh beberapa aktifis free software. Istilah open source dilahirkan untuk menggugah lebih banyak lagi adopsi dari pihak-pihak korporasi, dan menghindari ambiguitas kata free yang kadang diidentikan dengan gratis. Kata-kata gratis atau tersedia tanpa perlu membayar kadang membuat dunia korporasi alergi.

Dalam perkembangan selanjutnya kedua aliran ini menciptakan dua organisasi yang berbeda. Free Software Foundation (FSF) dengan free software-nya, dan Open Source Initiative (OSI) dengan open source-nya. Masing-masing memiliki fans dan yang tidak setuju juga ada.

Referensi : http://ngadimin.org

January 28, 2009 |
Bookmark and Share

Leave a Reply

Latest Tweet